Article

AC sentral vs AC split: mana yang lebih hemat?

Keputusan antara AC sentral dan AC split dalam hal hemat energi tergantung pada skala penggunaan, efisiensi energi, biaya awal dan instalasi, serta pemeliharaan. AC split cenderung lebih efisien untuk mendinginkan ruangan kecil dengan biaya awal yang lebih rendah, sementara AC sentral lebih cocok untuk bangunan besar dengan potensi efisiensi jangka panjang.

Menggunakan AC telah menjadi solusi utama dalam meningkatkan kenyamanan di dalam ruangan. Dengan kemampuannya untuk mengatur suhu dan kelembapan udara, AC menciptakan lingkungan yang optimal untuk beraktivitas. Terutama pada hari-hari panas, AC memberikan kesegaran dan kesejukan yang sangat diinginkan, membuat ruangan menjadi tempat yang nyaman untuk bekerja, dan beraktifitas.

dalam industri pendingin, ada 2 macam sistem AC yang diterapkan yakni sistem AC Split dan AC sentral.

ac split surabaya

AC split umumnya lebih cocok untuk area residential atau rumah tangga karena ukurannya yang lebih kecil dan dapat diinstal di berbagai ruangan secara terpisah. Desainnya yang fleksibel membuat AC split mudah dipasang dan dioperasikan untuk mengatasi kebutuhan pendinginan di rumah.

Sementara itu, AC central lebih umum dijumpai di area komersial atau bangunan dengan skala lebih besar seperti perkantoran, mal, atau pabrik. AC central memiliki kapasitas pendinginan yang lebih besar dan dapat menjangkau beberapa ruangan sekaligus. Sistem ini biasanya terintegrasi dengan sistem ventilasi dan pemanas gedung.

sebelum memasang AC, kita perlu menghitung kebutuhan kapasitas AC yang akan digunakan. Kapasitas AC dinyatakan dalam satuan British Thermal Units (BTU) per jam. AC central biasanya memiliki kapasitas yang dapat mencapai puluhan hingga ratusan ribu BTU per jam, sementara AC split biasanya memiliki kapasitas yang berkisar dari beberapa ribu hingga puluhan ribu BTU per jam.

 

 

 

Keuntungan dan hematnya penggunaan AC sentral atau AC split dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan dan kondisi spesifik. Beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan termasuk:

  1. Skala Penggunaan:
    • AC split cenderung lebih efisien jika digunakan untuk mendinginkan ruangan atau area kecil, seperti rumah atau kantor kecil.
    • AC sentral lebih efisien jika digunakan untuk mendinginkan bangunan dengan skala besar, seperti perkantoran atau pabrik.
  2. Efisiensi Energi:
    • AC sentral memiliki potensi untuk lebih efisien karena bekerja secara terpusat dan dapat dioptimalkan dengan lebih baik untuk penyebaran udara dan penggunaan energi.
    • AC split dapat menjadi pilihan yang efisien jika digunakan dengan bijak dan jika unit yang dipilih memiliki tingkat efisiensi energi yang tinggi.
  3. Biaya Awal dan Instalasi:
    • AC split umumnya memiliki biaya awal dan biaya instalasi yang lebih rendah, terutama jika hanya digunakan untuk mendinginkan beberapa ruangan.
    • AC sentral mungkin memerlukan investasi awal yang lebih besar untuk instalasi dan peralatan, tetapi dapat lebih hemat dalam jangka panjang untuk bangunan dengan skala besar.
  4. Pemeliharaan dan Perawatan:
    • AC split umumnya lebih mudah untuk diperbaiki dan dipelihara karena setiap unit bekerja secara terpisah.
    • AC sentral mungkin memerlukan perawatan yang lebih intensif, tetapi jika dirawat dengan baik, dapat memberikan efisiensi jangka panjang.

Dalam banyak kasus, keputusan antara AC sentral dan AC split lebih bergantung pada karakteristik bangunan, ukuran area yang akan diatasi, dan preferensi pengguna. Pemilihan perangkat yang memiliki tingkat efisiensi energi tinggi juga dapat membantu mengurangi biaya operasional jangka panjang.

Ducting AC Central Photo by Sigmund on Unsplash

untuk melihat berbagai tipe AC Split dan AC sentral, anda bisa mengunjungi website resmi brand AC tersebut. sebagai contoh Gree memiliki lineup AC Split dan AC sentral yang bisa diakses di link ini

jika anda membutuhkan AC split maupun AC sentral, jangan sungkan untuk menghubungi kami melalui chat bubble yang ada di pojok kanan bawah untuk bertanya lebih lanjut. kami melayani penjualan serta instalasi di area jawa timur dengan layanan aftersales yang bagus

baca juga cara menghitung kebutuhan chiller di industri

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.