Article

kenapa AHU memerlukan filter

 

air handling unit

Filter di mesin AHU (Air Handling Unit) sangat penting karena memiliki beberapa fungsi utama yang sangat diperlukan dalam pengelolaan udara di dalam gedung atau ruangan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa filter diperlukan di mesin AHU:

secondary filterhepa filter

  1. Penyaringan Partikel: Filter pada mesin AHU berfungsi untuk menyaring partikel-partikel yang terdapat di udara, seperti debu, serbuk, serpihan, bulu hewan, serangga kecil, dan polutan lainnya. Partikel-partikel ini dapat berasal dari udara luar atau dari dalam ruangan itu sendiri. Dengan menyaring partikel-partikel tersebut, filter membantu menjaga kualitas udara dalam ruangan dan mencegah partikel-partikel tersebut masuk ke sistem ventilasi dan menyebar ke seluruh ruangan.
  2. Perlindungan Komponen Mesin: Filter juga berfungsi sebagai perlindungan bagi komponen-komponen mesin AHU. Partikel-partikel yang masuk ke dalam mesin dapat menyebabkan kerusakan pada kipas, pemanas, pendingin, dan komponen lainnya. Filter yang efektif dapat menangkap partikel-partikel ini sebelum mencapai komponen-komponen tersebut, memperpanjang umur mesin dan mengurangi kebutuhan perawatan.
  3. Kualitas Udara dalam Ruangan: Filter yang baik pada mesin AHU membantu meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Dengan menyaring partikel-partikel dan polutan, filter membantu mengurangi debu, alergen, bakteri, virus, dan bau yang tidak diinginkan. Hal ini sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman bagi penghuni gedung atau ruangan.
  4. Efisiensi Energi: Filter yang terjaga kebersihannya membantu menjaga efisiensi operasi mesin AHU. Partikel-partikel yang menempel pada komponen mesin dapat menghambat aliran udara, meningkatkan beban kerja mesin, dan mengurangi efisiensi energi. Dengan menggunakan filter yang baik dan menjaga kebersihan filter secara teratur, mesin AHU dapat bekerja dengan lebih efisien dan mengurangi konsumsi energi.
  5. Kepatuhan terhadap Standar dan Peraturan: Pemasangan filter pada mesin AHU merupakan persyaratan standar dalam banyak peraturan dan kode bangunan. Pemerintah dan badan regulasi biasanya mengharuskan penggunaan filter untuk memastikan kualitas udara dalam ruangan terjaga, terutama di tempat-tempat umum seperti rumah sakit, sekolah, dan kantor.

Dalam rangka menjaga kualitas udara dalam ruangan dan menjaga kinerja mesin AHU, penting untuk memilih filter yang tepat, memeriksa dan membersihkan filter secara teratur, serta menggantinya sesuai dengan panduan yang diberikan oleh produsen mesin AHU.

PT. Pratama Amerta Solusi merupakan suplier kebutuhan sistem tata udara yang berpusat di surabaya. jika anda ada kebutuhan seputar sistem tata udara serta pendukungnya bisa hubungi sales kami di link berikut: klik disini untuk menghubungi sales

baca juga: seberapa sering kita harus mengganti filter AHU

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *