Article

Pengertian AC VRF

Variable Refrigerant Flow atau yang lebih dikenal dengan istilah VRF adalah inovasi sistem AC yang mampu mendistribusikan refrigeran ke beberapa unit indoor dengan hanya menggunakan satu unit outdoor. hal ini memungkinkan kita untuk mengontrol temperatur di berbagai ruangan dengan lebih efektif

Sejarah VRF

VRF pertama kali dipelopori oleh Daikin dengan nama Variable Refrigerant Volume (VRV) pada tahun 1982. Tujuan awal diciptakan sistem VRV ini adalah sebagai solusi yang lebih baik untuk mendinginkan dan memanaskan lingkungan produksi di dalam pabrik.

Perbedaan AC Split dan VRF

 

Berbeda dengan split AC yang sering kita jumpai di area perumahan yang setiap unit indoor dipasangkan dengan satu unit outdoor, satu unit outdoor VRF bisa dipasangkan dengan beberapa unit indoor. meskipun demikian, hal ini tidak membatasi untuk mengkonfigurasi unit VRF secara paralel untuk mendapatkan kapasitas yang lebih besar hingga 100KW!!

Tipe Tipe VRF

image source: https://www.studwiz.com/blog/hvac-systems-vrf-vrv-variable-refrigerant-flow/

hampir semua unit VRF beroperasi dengan sistem inverter, dimana kompresor bekerja sesuai dengan load yang dibutuhkan setiap unit indoor. hal ini didukung dengan setiap unit indoor memiliki termostatnya masing-masing.

sistem VRF dibagi menjadi 2 tipe:

  • heat recovery
  • heat pump
VRF Heat Recovery System
Model Number BS12Q54TVJ, Multi Port Branch Selector Box - BSQ Series On Daikin North America LLC

VRF dengan sistem Heat Recovery memiliki kemampuan untuk mendinginkan dan memanaskan ruangan yang berbeda di waktu yang bersamaan. sistem ini menggunaan memanfaatkan sistem 3 pipa untuk berfungsi.

Sistem heat recovery cocok digunakan pada bangunan yang memiliki kebutuhan suhu yang berbeda. sistem ini bekerja lebih efisien jika dibandingkan dengan sistem split karena jika beban pendinginan dan pemanasan seimbang, unit outdoor bisa standby tanpa bekerja dan pertukaran kalor bisa diatasi oleh unit outdoor saja.

VRF Heat Pump

Berbeda dengan sistem Heat Recovery, VRF dengan sistem Heat Pump umumnya hanya menggunakan 2 pipa refrigeran. hal ini membuat instalasi VRF Heat Pump lebih ekonomis dan memiliki potensi perawatan yang lebih mudah.

 

VRF lebih sering ditemukan pada instalasi skala menengah maupun besar. hal ini karena kapasitas dari VRF ditujukan untuk penggunaan lebih dari satu unit indoor sehingga unit outdoor VRF bervariasi mulai dari 20KW hingga 200KW.

Instalasi VRF kurang cocok untuk area perumahan skala kecil karena biaya investasi di depan yang cukup besar serta kerumitan sistem VRF membutuhkan prosedur maintenance yang lebih rumit. maka dari itu instalasi VRF lebih sering ditemui di area komersil dan industrial.

karena kesuksesannya di industri, teknologi VRF menjadi semakin populer. Banyak pabrikan yang mengikuti jejak Daikin mengeluarkan produk VRF.

Gree meluncurkan produk VRF nya pada tahun 2002 untuk menandingi Daikin. Salah satu produk VRF dari Gree adalah GMV5. berikut adalah beberapa fitur dari Gree GMV5:

GMV 5 - Produk | Gree Indonesia

  • Rotation operation memungkinkan rotasi beban terhadap beberapa unit VRF.
  • Konsumsi daya yang rendah dengan menggunakan limit.
  • Gold fin anti korosif (Alumunium-Manganese) bisabertahan 2-3x lebih tahan cuaca dibandingkan Blue Fin.
  • Emergency Function Operation dimana jika dalam konfigurasi sistem VRF jika salah satu unit Fail, maka akan dibackup oleh unit yang lain.

Hadirnya VRF selain dari segi kompetitif, VRF juga lebih efisien dan hemat energi hingga 30% jika dibandingkan dengan sistem AC split. selain itu operasi sistem VRF lebih senyap sehingga tidak mengganggu aktifitas. maka dari itu VRF akan tetap hadir dalam kehidupan sehari hari dan terus dikembangkan teknologinya.

PT Pratama Amerta Solusi mampu menyediakan sistem VRF untuk kebutuhan anda, mulai dari pengadaan unit hingga instalasi. tim kami akan membatu anda menentukan unit yang terbaik untuk anda. hubungi kami melalu chat bubble di pojok kanan bawah.

baca juga: mengenal macam macam refrigerant

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *